Sabtu, 20 April 2013

VIRUS CINTA SANG GEMBALA


Hari Minggu Paskah IV, 21 April 2013
Hari Minggu Panggilan
Bacaan Injil:  Yoh 10:27-30 

  Saudara-saudariku terkasih dalam Tuhan,
            salam jumpa kembali. Hari ini kita memasuki minggu paskah keempat. Bacaan Injil berbicara tentang GEMBALA. Kehidupan seorang GEMBALA barangkali kurang akrab dengan kita. Tapi sekurang-kurangnya kita tahu gembala itu seperti apa. Sehari-hari seorang Gembala ada bersama domba-domba gembalaannya. Dia memberi makan dan menuntun seluruh kawanannya. Yesus adalah GEMBALA YANG BAIK. CintaNya sungguh bukan main. Mari kita merenungkan lebih dalam Cinta Yesus sebagai Gembala yang baik ini.
            Yesus Gembala yang Baik mencintai kita. Apa buktinya? Yesus mengenal kita. Mengenal berarti Dia tahu apa yang kita alami. Dia tahu kebutuhan kita, Dia tahu pergumulan hidup kita. Karena itu, Yesus tahu memberikan yang baik bagi kita di saat yang tepat. Selain itu, Yesus memberikan kita hidup yang kekal. Apa itu hidup yang kekal? Apakah itu berarti kita terbebas dari kematian? Bukan, setiap kita memang tidak bisa luput dari kematian. Tetapi Yesus menjanjikan bahwa kita akan hidup selama-lamanya. Karena kebangkitanNya, Yesus mengalahkan maut dan membukakan bagi kita jalan kepada hidup yang kekal. Setelah mati, kita dipersilahkan Yesus untuk menikmati hidup yang kekal itu. Yesus juga melindungi kita dari orang-orang yang hendak merenggut hidup kita. Allah BapaNya akan memelihara kita dengan kuasaNya sendiri. Sebab kita ini sesungguhnya berasal dari Bapa. Bapa yang menghendaki supaya kita dipelihara oleh Yesus Kristus. Karena itu, tidak akan ada satu orangpun dari antara kita yang direnggut daripadaNya, sebab tidak ada satupun orang di dunia ini yang sanggup menandingi kuasa Bapa. Yesus dan BapaNya adalah satu dalam melindungi semua dombaNya. Perkataan Yesus ini menjadi bukti betapa Yesus mencintai setiap kita.
Lalu bagaimana dengan kita sebagai domba-dombaNya? Apa yang bisa kita lakukan? Yesus sendiri meminta kita untuk mendengarkan perkataanNya. Mendengarkan berarti mau terus menerus dituntun dan digerakkan oleh perkataan Yesus. Hanya dengan mendengarkan perkataanNya saja, kita bisa tahu ke arah mana kita dapat berjalan mengikuti Yesus. Bagaimana kita dapat mendengar perkataan Yesus? Tidak lain dengan terus-menerus berhubungan dengan Kitab Suci. Kita dapat membacanya dan merenungkannya sendiri di rumah. Juga bisa mendengarkanNya dalam kesempatan Misa, pendalaman iman dan kegiatan rohani lainnya.    Selain itu, Yesus meminta kita domba-dombaNya untuk percaya dan mengikutiNya. Percaya berarti berserah diri kepada Tuhan dan mau dituntun oleh perkataanNya, mau digerakkan oleh hidupNya, mau diresapi oleh pikiran dan perasaanNya. Asal kita percaya, cinta Tuhan tidak pernah mustahil, apapun keadaan dan persoalan kita. Dia menggunakan berbagai cara, juga melalui banyak orang untuk melindungi dan memelihara hidup kita. Karena itu, di hari minggu panggilan ini, kita boleh berdoa kepada Yesus Gembala sejati agar Ia senantiasa menghidupkan cinta kegembalaanNya itu dalam diri para Imam, biarawan dan biarawati. Kita tentu masih selalu merindukan kehadiran dan pelayanan mereka di dalam Gereja. Kita harus percaya bahwa Yesus tidak pernah letih mencintai kita domba-domba kesayanganNya.
            Saudara-saudariku terkasih, mendengarkan, percaya dan mengikuti Yesus itu memang tidak mudah. Kita harus terus memberikan usaha yang luar biasa. Namun siapa yang sungguh-sungguh berusaha pasti mendapatkan balasan cinta Yesus yang luar biasa pula. Yesus pasti setia memelihara dan melindungi kita. Sekiranya kita mau selalu percaya kepada Dia, kita tidak perlu merasa kuatir akan hidup kita, bukan? Sebab Yesuslah Gembala sejati. Dia mencintai kita jauh lebih dalam dari yang bisa kita bayangkan. Namun, Cinta Yesus selalu mengandung tugas. Kita ditugaskan untuk ikut menyebarkan cinta Yesus yang telah kita alami sendiri. Yesus meminta kita untuk menjadi “virus CintaNya” kepada orang-orang di sekitar kita. St. Teresa Avila pernah berkata begini: “Kristus tidak mempunyai tubuh di dunia ini selain tubuhmu. Tidak ada tangan selain tanganmu, tidak ada kaki selain kakimu. Melalui kakimu, Dia berjalan keliling untuk berbuat baik, dengan tanganmu Dia memberkati banyak orang, dan dengan seluruh dirimu banyak orang memuliakan Dia”. Kita adalah Virus Cinta Yesus Sang Gembala sejati itu. Sebarkan cinta dengan Hidup kita. Tuhan memberkati.***

Fr. Eugene Dinata Alnija, CSE & Fr. Charles Leta, SMM
                                                                                   





2 komentar:

  1. Semoga virus cintaNya semakin mengobarkan dan menggerakkan hati kita untuk menjadi gembala-gembala pada masa sekarang

    Met hari minggu Fr. Charles :)

    BalasHapus
  2. Amin...Mat Hari Minggu, selamat menjadi kegembiraan dan harapan bagi orang-orang di sekitar...God Bless

    BalasHapus